Minggu, 27 September 2015

Suka dan Duka Membuat Kartul

Menurut gw bikin karya tulis itu gak gampang. Bikin karya tulis itu lumayan ribet. Tapi jangan terlalu nganggep ribet.  Kalian harus bikin bab 1, 2, 3, dan blablabla. Ngeliat contoh kartulnya aja udh bikin putus asa duluan.Tapi lo gak boleh putus asa karena bikin kartul itu harus bener-bener lo lakuin. Lo harus bener-bener niat bikinnya. Karena kalo lo bener-bener niat bikinnya pasti lo puas dengan hasilnya. Inget!! menyesal hanya ada di akhir. Jadi, jangan males-malesan bikin kartul. Oke? 

Menurut gw memang kalo bikin karya tulis itu lebih banyak dukanya daripada sukanya. Dukanya adalah lo harus menyusun sekian banyak kata-kata dari berbagai sumber yang ada. Lo gak bisa hanya copy paste doang. Lo juga harus bikin daftar isi, daftar pustaka, dan sebagainya. Dan duka lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Nah yang gw suka adalah bikin cover, soalnya gampang. Apa lagi yg gw suka selain itu? Bikin lembar pengesahan. Kenapa? Sama kok alasannya, soalnya gampang wkwk. Tapi gak cuma itu yang gw suka. Gw juga suka karena kita bisa nyari informasi sebanyak-banyaknya tentang tema yang mau kita bahas. Nah, yang bikin gw suka juga adalah kita dibimbing bikin kartul dari SMP, jadi kita udh terlatih. Mungkin gak semua anak SMP diwajibkan membuat karya tulis. Mungkin hanya sedikit SMP yang mewajibkan siswanya membuat karya tulis. Bahkan mungkin hanya SMP Labschool yang mewajibkan siswa-siswinya membuat karya tulis. Walaupun itu ribet tapi itu menyenangkan kok.

14 komentar: